Buku karya Prof. Bushar Muhammad oleh Mardjono Reksodiputro

Buku karya Prof. Bushar Muhammad

oleh Mardjono Reksodiputro*

                           

 

“Siapa bilang Prof Djokosoetono tidak pernah menulis ?” Saya mendapat teguran itu dari kawan saya Achmad Kartohadiprodjo,SH (putra Prof.Soediman Kartohadiprodjo). Saya kaget juga dan kemudian dikirimkannya Bab V :Sejarah Politik Hukum Adat (mulai hal.130) dari buku Prof.Bushar Muhammad,SH yang berjudul Asas-Asas Hukum Adat: Suatu Pengantar, Penerbit: Pradnya Paramita, Cetakan ke-8, tahun 1991. Prof. Bushar Muhammad sendiri adalah lulusan Fakultas Hukum UI tahun 1955. Teman seangkatan beliau, yang kemudian juga menjadi gurubesar adalah: Prof.Mochamad Koesnoe, Prof.Prijatna Abdurrasjid, Prof.Mochtar Koesoemaatmadja, dan Prof.Soenarjati Hartono-Soenarjo.

 

Bab V buku tersebut diatas, isinya banyak merujuk ke buku Supomo dan Djokosoetono, Sejarah Politik Hukum Adat, cetakan ke-4 yang terbit tahun 1955 (penerbit tidak tercantum dalam catatan kaki, hal 131), tetapi buku ini terdiri dari dua jilid. Dikatakan Bushar, bahwa Supomo dan Djokosutono mengadakan lima babakan sejarah politik hukum adat : Masa Kompeni (VOC)   Masa  pemerintahan  Gubernur-Jenderal Daendels (1808-1811) – Masa pemerintahan Inggris Let-Gub Raffles (1811-1816) – Masa 1816-1848, dan Masa 1848 – 1928.

Dalam Bab V ini, Bushar merujuk antara lain kepada buku dan tulisan ( selain dari Supomo dan Djokosutono), dari: Van Vollenhoven, De ontdekking van het adatrecht; Ter Haar, Een keerpunt in het adatrecht-politiek: Toekomst beschouwingen dan Halverwege de nieuwe adatrecht- politiek; Hazairin, Hukum baru di Indonesia (pidato); Soekanto, Peristiwa-peristiwa sejarah (termasuk Cultuurstelsel) dan hukum adat (pidato inaugurasi; dan Thung Tiong Piet, Cita-cita kodifikasi dan unifikasi di Indonesia dan perbandingan hukum (dalam Majalah Hukum dan Masyarakat, III,3,- kuliah umum di Makasar tahun 1958).

 

*) Guru Besar (Emeritus)FHUI; Dekan FHUI periode 1984-1990.