Usulan Menghimpun Murid-Murid Djokosoetono Melalui Simposium

Suatu Usulan Mardjono Reksodiputro (15 Juni 2015)

Menghimpun Murid-Murid Djokosoetono

Melalui

Simposium 70 Tahun Pancasila dan 50 Tahun Wafatnya Djokosoetono

 

          Tahun 2015 ini kita merayakan 70 Tahun lahirnya Pancasila dan mengenang 50 tahun wafatnya Prof. Djokosoetono SH.

         

          Yayasan Graha Djokosoetono SH yang didirikan dengan Akte Notaris Lindasari Bachrooem SH No.7 Tgl 2 Juni 2010 (dan merupakan kelanjutan dari Yayasan Wisma Djokosoetono SH-didirikan dengan Akte Notaris Bebasa Daeng Lalo SH No.51 tgl 18 Juni 1971), bermaksud menyelenggarakan:

 

          Suatu Pertemuan Ex-Murid Prof Djokosoetono (yang belajar di Universitas Indonesia, Perguruan Ilmu Kepolisian dan Akademi Hukum Militer/Perguruan Tinggi Hukum Militer antara tahun 1950 – 1965) yang bertemakan Pendidikan Pancasila, yaitu: Pendidikan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Kita – 70 Tahun Pancasila – Pesan untuk Anak Bangsa

 

 Dengan pembicara-pembicara utama (yang masih akan dihubungi dengan TOR yang lengkap) :

-Ketua MPR – RI

-Dr.Yudi Latief

-Dr.Franz Magnis Suseno

-Prof.Dr.Edi Swasono

-Prof.Dr.Soenarjati Hartono

-Dr.Adnan Buyung Nasution

-Oetojo Oesman,SH

-Prof.Arief Sidharta

-dan dari LPPKB 

 

Pembicara:

1)Dr.Yudi Latif Ketua Harian Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila Jakarta. Doktor dari The Australian National University – Bukunya :Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila (2011), dan  Mata Air Keteladanan, Pancasila Dalam Perbuatan (2014) – Sebaiknya diberikan bahan-bahan P4 dan diminta memberi  komentar (kritik ?) tentang metode pendidikan Pancasila waktu lalu.

 

2)Dr.Frans Magnis Suseno Budayawan/Pendidik – Menulis dalam Kompas, 5 Juni 2015 tentang perlunya Pendidikan Pancasila -  diminta menulis tentang pendidikan Pancasila yang dapat membendung faham-faham radikal di Indonesia .

 

3)Prof.Edi Swasono – Ekonom UI dan UGM - banyak menulis tentang Ekonomi Kerakyatan yang dimaksud oleh UUD 1945 – duduk dalam Majelis Tinggi Taman Siswa - diminta menulis tentang bagaimana membawa pemahaman Ekonomi Kerakyatan Pancasila dalam pendidikan di SD-SMP-dan SMA/SMK.

 

4)Prof.Soenarjati Hartono – Sarjana Hukum Internasional – mantan Ketua BPHN – pernah membuat tulisan/skema tentang bagaimana mentransformasi hukum positif Indonesia agar menjadi hukum nasional yang berjiwa Pancasila – diminta menulis tentang hal ini atau diwawancarai untuk kemudian naskah wawancara diedit beliau.

 

5)Dr.Adnan Buyung Nasution – Sarjana Hukum Tata Negara – Disertasinya di Universitas Leiden adalah tentang debat di lembaga Konstituante – diminta menulis tentang Debat di Konstituante tentang Pancasila yang berakhir dengan pembubaran Konstituante dengan Dekrit Presiden.

 

6)Oetojo Oesman SH – Sarjana Hukum – Pengamat hukum ketatanegaraan dan ajaran Prof.Djokosoetono –diminta menulis tentang

Pemikiran Djokosoetono mengenai Pancasila atau teori ketatanegaraan lainnya yang relevan untuk pendidikan Pancasila sekarang.

 

7)Prof.Arief Sidharta – Sarjana Filsafat Hukum – Pengamat pemikiran Prof. Soediman Kartohadiprodjo tentang Pancasila – diminta menulis tentang Filsafat Pancasila dalam penafsiran Prof.Soediman Kartohadiprodjo.

 

Bahan-bahan persiapan:

-Semua tulisan Prof.Ismail Suny,Prof.PadmoWahjono,Prof.Harun Alrasid

-Karangan Franz Magnis Suseno di Kompas 5 Juni 2015

-Bahan2 dari LPPKB

 

SPONSOR (yang masih akan dihubungi dengan TOR yang lengkap):

1.FHUI (Djokosoetono Research Center)

2.MPR-RI/DPR-RI

3.Bpk.Indradewa,SH

4.Bpk.Dr Purnomo Djokosoetono

5.Bpk.Pontjo Soetowo

6. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara (LPPKB)